Cari Blog Ini

Senin, 19 Januari 2015

Indahnya Desa Wisata Pulesari

Desa wisata Pulesari terletak di dusun Pulesari desa Wonokerto, kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Yang mempunyai batas wilayah disebelah utara dusun ledok lempong, sebelah timur Arjosar sebelah selatan dusun Kopen dan sebelah barat berbatasan dengan desa Bangunkerto, dusun wonosari.
Luas wilayah desa wonokerto adalah 2,5 Ha,  terdiri dari wilayah sawah/pertanian, ladang/tegalan, perkebunan, pemukiman, industri, perdagangan jasa, dan hutan rakyat. Secara topografi keberadaan desa wisata pulesari berada dikaki gunung merapi dengan ketinggian 400 hingga 900 meter dari permukaan laut.dengan kondisi tanah yang subur dengan struktur tanah berpasir dan berbatu cadas.
Dusun Pulesari merupakan daerah pertanian dengan sumber mata air sebanyak 2 6 mata air yangmengalir ke sungai krasak, sungai bedog serta kebutuhan irigasi pertanian warga. Curah hujan rata rata di daerah ini 3.908 mm per tahun


dengan suhu udaramencapai 24 derjat celscius hingga 28 derajat celcius. Masyarakat dusun Pulesari sendiri merupakan desa yang mempunyai akulturasi yang berbeda dengan dusun yang lain.
Desa wisata ini pun terbentuk berkat komitment masyarakat untuk menciptakan sebuah desa yang aman, nyaman, tentram, dinamis dan indah dengan banyaknya potensi yang ada. Desa wisata pulesari terbentuk pada tanggal 26 Mei 2012 yang diprakarsai oleh bp. Sarjana beserta team pengelola desa wisata.
Ada beberapa paket pilihan di desa wisata Pule sari tersebut antara lain.
  1. Paket wisata alam dan budaya tradisi yang terbagi dalam dua kategori yakni :
    1. Paket Tradisi dengan biaya Rp. 80.000,-per hari per orang  berupa Tracking sungai, outbond 5 permainan, makan dan minum 3x, snack dan menginap di homestay
    2. Paket Tradisi dengan biaya Rp. 95.000,- per hari per orang berupa Outbond 5 permainan, makan dan minum 3x, bermain gamelan, belajar budidaya  salak, paket kebun, belajar, snack dan menginap di homestay.
    3. Paket Kuliner khas Desa yang terbagi dalam 3 paket yakni :
      1. Paket Hamer (Harga Merakyat) dengan harga Rp. 75.000,- per 5 orang, dengan komposisi makanan sebagai berikut : nasi biasa, sayur asam, Jipang, pepaya dan dong jendal/daun singkong),lauk berupa ikan , ayam dan tahu tempe serta minumnya Teh, Jeruk  baik panas maupun dingin
      2.  Paket Hadang (Harga sedang) dengan harga Rp. 100.000,- per 5 orang, dengan komposisi makanan sebagai berikut : nasi biasa, sayur asam, oseng, gudeg, Jipang, pepaya dan dong jendal/daun singkong),lauk berupa ikan , ayam dan tahu tempe serta minumnya Teh, Jeruk , Kopi, Susu.Jaeser  baik panas maupun dingin dan snack berupa Kimpul, uwi, telo dan wingko.
      3. Paket Hajar (Harga wajar) dengan harga Rp. 125.000,- per 5 orang, dengan komposisi makanan sebagai berikut : sebagai berikut : nasi biasa/uduk, sayur asam, oseng, gudeg, Jipang, pepaya dan dong jendal/daun singkong),lalapan kemanggi, kubis, timun, sedangkan  lauk berupa ikan pepes bakar/goreng, ayam dan tahu tempe dengan sambal tomat, trasi atau tempe penyet. serta minumnya Teh, Jeruk , Kopi, Susu.Jaeser  baik panas maupun dingin dan snack berupa Kimpul, uwi, telo dan wingko ditambah dengan buah buahan berupa melon, semangka, pisang dan jambu.
How to get there :
  • Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat dari jalan Turi Pakem kurang lebih 4 Km, 3 km dari desa wisata Garongan.
Tempat terdekat :
Hotel terdekat :
Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Shangrila Villa atau Joglo Plawang Boutique Villa


0 komentar:

Posting Komentar