Cari Blog Ini

Jumat, 16 Januari 2015

Menikmati Aktivitas Desa Wisata Garongan

Gunung merapi tidak habis habis untuk diekspose, karena keindahan, kecantikannya walaupun dibalik itu kadang membuat bencana yang luar biasa. Tak terkecuali dari desa wisata Garongan yang terletak disisi selatan Gunung Merapi tepatnya berada di Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Dari desa ini keindahan Merapi secara penuh dapat dinikmati, sehingga desa ini sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Asap putih yang mengepul di puncak merapi yang menandakan sebagai gunung yang aktif, membuat hiasan dipuncak gunung bak goresan lukisan di langit.

Selain Pemandangan yang menakjubkan tersebut Desa wisata Garongan menyuguhkan beberapa potensi yang dapat mengugah minat pengunjung untuk mendatangi desa ini. Dengan area persawahan yang masih asri serta perkebunan yang luas, yakni perkebunan salak pondoh dan salak Gading. Dari perkebunan inilah desa Garongan ini menghasilkan kualitas salak yang mempunyai standart ekspor ke luar negeri. Dilokasi perkebunan ini Para pengunjung dapat belajar mengenai cara penanaman salak, mengetahui seluk beluk mengenai buah salak itu sendiri bahkan dapat belajar cara memanen buah salak dengan baik dan benar tanpa terkena duri yang banyak pada pohon salak.

Selain sebagai perkebunan salak sebagai pembelajaran  dan pengetahuan para pengunjung ternyata desa Garangan masih memiliki aneka raga yang dapat disajikan bagi para pengunjung. Dari sisi Seni di desa Garongan ini memiliki atraksi yang tidak kalah menariknya yakni atraksi seni Gejog Lesung dan Kubrosswo yang sudah jarang ditemukan didesa desa lain. Gejog lessung merupakan kesenian tradisional berupa permainan lesung sebagai alat menumbuk padi yang dijadikan alat musik. Penyanyi atau sinden bersuara khas mengisi suara diantara gejogan lesung tersebut.

Berbagai paket wisata yang lain yang dapat dinikmati di desa Garongan adalah Camping ground. Camping ground dengan luas 6000 meter persegi dapat menampung lebih dari 500 peserta camping, Lokasi camping ground tersebut terpisah dari perkampungan dan jauh dari jalan raya sehingga kesan alami jadi sangat terasa serta pelatihan kemandirian dapat terwujud. Masih adalagi paket wisata di desa ini yakni Tracking, Memancing Ikan, menangkap ikan serta menikmati makanan khas yang tersedia. Serta beberapa oleh oleh yang dapat dibawa pulang antara lain keripik salak dan dodol salak.

How To Get There :
  1. Menggunakan kendaraan jurusan Turi turun di pertigaan pertokoan Karanggawang dilanjutkan jalan kaki sejauh 950 meter belok kiri sejauh 250 meter anda akan sampai dilokasi
  2. Kendaraan pribadi bisa dari arah tempel atau dari monumen Yogya kembali ke arah Turi.

Tempat terdekat :
Beberap desa wisata yang lain yang dapat Anda kunjungi Desa Gabugan, Agro wisata Turi, Desa wisata Dukuh

Hotel terdekat :
Beberapa hotel terdekat dengan lokasi diantaranya Rumah Palagan Guest House  atau Joglo Plawang Boutique Villa.

Gallery:










0 komentar:

Posting Komentar