Cari Blog Ini

Rabu, 21 Januari 2015

Desa Wisata Kembangarum

Profil Desa Wisata Kembangarum
Desa wisata Kembangarum merupakan desa wisata yang diresmikan pada pertengahan tahun 2005. Desa ini menawarkan edukasi dan alam sebagai sajian wisata bagi pengunjung. Program-program yang dirancang dan dibangun di desa wisata ini mengedepankan edukasi atau pendidikan bagi anak-anak khususnya. Hal ini ditunjukkan degan adanya sanggar lukis dan perpustakaan yang dibangun menarik untuk anak-anak. Perpustakaan da sanggar luis ini berada di deknat sungai dan taman sehingga menambah suasana sejuk di desa tersebut. Tentunya hal ini sangat diminati oleh anak-anak. Selain pendidikan, desa wisata Kembangarum juga menawarkan sarana permainan tradisional di halaman  pendopo yang dijadikan sanggar lukis. Berbagai permainan tradisional seperti enggrang, engklek, dakon, gobak sodor, dan lainnya dapat dimainkan di lokasi tersebut. Sungai di desa ini juga dijadikan sebagai sarana permainan. Sungai tersebut bukan merupakan sungai yang kotor dan tidak terawat, tetapi sungai ini sengaja dirawat dan dibuat sebagai arena permainan.
Kolam pemancingan ikan dan kolam renang alami merupakan arena bermain yang tidak kalah menarik. Desa wisata Kembangarum memiliki luas 13 hektar sehingga banyak obyek dan arena permainan yang dapat disajikan di desa tersebut.

Paket Wisata
1. Menginap
Di desa wisata Kembangarum terdapat sebuuah rumah yang dibangun khusus untuk para tamu dan penginapan. Rumah ini dibangun dari bambu, berlantai tanah, dan dihiasi dengan wayang dan lukisan-lukisan. Di depan rumah ini terdapat berbagai barang unik, seperti patung bambu dan kursi meja bambu. Di rumah ini pengunjung dapat memperoleh kenyamanan karena nuansa sejuk dari pemandangan dan suara gemercik air yang menenangkan. Rumah ini disewakan Rp 750.000,00 per malam untuk rombongan.


2.  Melukis
Pengunjung desa wisata Kembangarum dapat memperoleh keterampilan melukis dengan membayar Rp 100.000,00 per orang. Fasilitas yang diberikan adalah kain kanvas, cat lukis, dan dilatih cara melukis yang benar. Hasil lukisan tersebut dapat dibawa pulang oleh pengunjung. Begitu juga dengan batik tulis yang dapat dibawa pulang. Selain lukisan biasa, pengunjung dapat belajar batik tulis di desa wisata Kembangarum. Biaya membuat batuk tulis adalah Rp 125.000,00 per orang.

3. Pijit
Pengunjung akan memperoleh fasilitas pijat di desa wisata Kembangarum dengan membayar Rp 50.000 per orang. Pijat ini dapat dilakukan di pinggir sungai sambil menikmati keindahan alam yang disajikan di desa tersebut.
4. Kuliner
Kuliner khas yang ditawarkan di desa ini adalah nasi takir dengan harga Rp 20.000,00 per porsi
Sarana dan Prasarana yang Terdapat di Desa Kembangarum :
  1. Masjid
  2. Homestay
  3. Arena pemainan
  4. Sanggar lukis
  5. Perpustakaan wisata
  6. Mobil untuk jelajah alam
  7. Rumah makan
Jalur Transportasi Kembangarum
Terminal Giwangan (bus Jogja-Tempel) – turun di Pasar Sleman – naik jalur D4
Biaya : Jogja – Tempel  : Rp 5.000,-
Jalur D4                                : Rp 3.000,-
Peta Desa Wisata Kembangarum


Alamat dan Contact Person :
Desa Donokerto, Kecamatan  Turi, Kabupaten Sleman
CP : 085868334422

Ramahnya sang Dewi Kembar (Desa Wisata KembangArum)

Di Yogyakarta banyak sekali terdapat desa wisata yang dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi oleh masyarakat Yogyakarta sendiri maupun wisatawan domestik dan laur negeri. Salah satu desa wisata yang menjadi tempat menarik utuk dikunjungi adalah Desa Wisata Kembang Arum yang terletak di Turi, Sleman, Yogyakarta.
Desa Wisata ini mempunyai julukan Dewi Kembar yang diambil dari kependekan nama desa wisata tersebut. Desa wisata ini hanyalah satu dari 42 desa wisata yang ada di kawasan Sleman, Yogyakarta. Menurut Heri (57), selaku pengelola desa wisata mengatakan, di Sleman, terdapat 42 desa wisata, akan tetapi yang aktif hanya 38 desa wisata saja.

Desa Wisata yang berdiri sejak 27 Juli 2005 ini, mempunyai konsep tradisional Jawa, konsep tradisional jawa terlihat dari penataan struktur bangunan yang berdampingan dengan sungai dan persawahan. Selain itu, suasana Jawa sangat terasa ketika semua bangunan ini mempunyai konsep bangunan joglo dan banyak dihiasi oleh lukisan – lukisan maupun karya seni pewwayangan.
Selain suasana Jawa yang kental di Dewi Kembar, fasilitas – fasilitas yang sangat memanjakan para pengunjung adalah adanya fasilitas outbond, flying fox, menangkap ikan, bermain kelinci, tracking, bertenak kambing, permaina tradisional, meeting room, dan adanya home stay. Akan tetapi, terdapat fasiltas yang unik disini, yaitu adanya fasilitas belajar melukis, panen salak, pertunjukan jathilan, jajanan pasar tradisional, bajak sawah, pijat kolosal, kuliner tradisional, dan kolam renang alam.
Selain fasilitas – fasilitas diatas, fasilitas tambahan jika pengunjung akan bermalam di Dewi Kembar. Adanya kulier tradisional yang unik dari Dewi Kembar adalah adanya ikan bakar saus salak, sambel salak, oseng – oseng salak yang diciptakan sendiri oleh Heri. “Dewi Kembar mempunyai maskaan yang unik dan pernah menjadi juara satu dalam perlombaan masak pada tahun 2011 lalu yaitu makanan yang berbahan dasar dari salak”, jelas seorang pelaku seniman ini.
Desa Wisata Kembang Arum ini memiliki suasana yang sangat ramah dan tenang, warga sekitar juga mempunyai keramahan yang sangat menyenangkan. Udara yang sejuk dan di iringi oleh musik alam yang berasal dari suara air mengalir membuat para pegunjung betah untuk bermalam di Dewi Kembar ini. “Dewi Kembar ini selain menjual fasilitas – fasilitas yang memanjakan para pengunj
ung, kami juga menjual keramahan para warga Desa Wisata Kembang Arum disini”, jelas bapak tiga anak ini.
Desa Wisata yang sering menjuarai beberapa kategori ini juga menyediakan mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah. Pemancingan dan alat bakar juga disediakan di desa wisata ini. Selain itu, kursus melukis, memasak maupun kursus make-up artis juga menjadi fasilitas yang menarik bagi pengunjung desa wisata ini. “Dewi Kembar juga meneyediakan kursus melukis, memasak, make – up artis dan juga jika ada pengunjung yang ingin memesan Joglo, kami bisa melayani dnegan senang hati”, ucap pria yang suka menari ini.

Desa wisata turi ini terletak di desa Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Jika ingin mengunjungi desa wisata ini, dapat menghubungi 0274-7160041 atau 0858.68.33.44





0 komentar:

Posting Komentar